Welcome

widget

17 September 2022

MENANAMKAN DAN MEMBIASAKAN BUDAYA POSITIF DENGAN KESEPAKATAN/KEYAKINAN KELAS

RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA

 

MENANAMKAN DAN MEMBIASAKAN BUDAYA POSITIF DENGAN KESEPAKATAN/KEYAKINAN KELAS

Oleh :

ANDHI SETIAWAN, S.Pd., M.Kom

CGP ANGKATAN 5

SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

 

A.    Latar belakang

Sekolah merupakan lingkungan pembelajar dimana penanaman nilai-nilai positif sangat diperlukan. Tujuan utama memberikan penanaman nilai positif yaitu agar murid bisa menjadi pribadi yang santun disiplin dan bertanggung jawab. Kebanyakan orang mendengar kata disiplin pastilah keteraturan mentaati tata tertib dan kepatuhan pada peraturan. Ki Hadjar dewantara menyatakan “dimana ada kemerdekaan, disitulah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat ‘self discipline’ yaitu kita sendiri yang mewajibkan kita dengan sekeras-kerasnya, tetapi itu sama saja; sebab jikalau kita tidak cakap melakukan self discipline, wajiblah penguasa lain mendisiplin diri kita. Dan peraturan demikian itulah harus ada di dalam suasana yang merdeka”.  (Ki Hajar Dewantara, pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka,  Cetakan Kelima, 2013, Halaman 470)

Makna dari Ki Hadjar Dewantara yaitu untuk menciptakan murid yang merdeka syarat utamanya harus memiliki disiplin yang kuat. Sebagai pendidik, tujuan kita adalah menciptakan anak-anak yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berperilaku dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal dan memiliki motivasi intrinsik, bukan ekstrinsik. Langkah yang dilakukan untuk menanamkan budaya positif yaitu dengan menciptakan lingkungan positif dikelas. Menciptakan lingkungan yang positif inilah yang menjadi budaya positif yang nantinya akan membawa pembelajaran yang berpihak ke murid.

Penanaman nilai positif di kelas dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan atau keyakinan di kelas. Keyakinan kelas ini dibentuk guru dan murid untuk menciptakan perilaku budaya positif di kelas. Manfaat yang di timbulkan adalah murid akan lebih semangat dalam pembelajaran dan tentunya murid akan sadar diri dan bergerak untuk belajar dan berdisiplin mentaati peraturan di sekolah. Berdasarkan latar belakang maka aksi nyata modul 1.4 yang berjudul menanamkan dan membiasakan budaya positif dengan kesepakatan kelas.

 

B.     Tujuan


  1.  Menumbuhkan minat belajar dan buday positif sehingga tercipta suasana yang menyenangkan di kelas maupun di sekolah
  2. Menumbuhkan karakter anak yang bermuara ke budaya positif di kelas/sekolah

3.        

C.    Tolok Ukur

  1. Pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak ke murid
  2. Murid dapat menyusun keyakinan kelas dengan berkolaborasi bapak/ibu guru
  3.  Membantu murid dalam menerapkan nilai-nilai dalam keyakinan kelas

 

D.    Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

  1.       Berkolaborasi dengan sesame rekan guru kerkait keyakinan kelas
  2.       Menysun keyakinan kelas dengan melibatkan murid
  3.       Memberikan motivasi untuk menjalankan keyakinan kelas yang telah dibuta
  4.       Menyakinkan murid dengan keyakinan kelas akan membawa budaya positif dikelas/ disekolah

 

E.     Dukungan yang dibutuhkan

Dukungan yang dibutuhkan mendapat support atau dukungan oleh sesame rekan guru pengajar demi mewujudkan budaya positif di sekolah. Dukungan yang dibutuhkan dengan berkolaborasi antar guru pengajar, murid, dan pemangku kebijakan

 

F.     PELAKSANAAN

  1. Kegiatan Sosialisasi rutin dilaksanakan pada Senin Pagi sebagai sarana penghubung antara guru dan murid di sekolah terutama pelaksanaan  sosialisasi program sekolah dan sebagai sarana informasi dalam proses belajar mengajar untuk membangun budaya positif dalam komunikasi dengan pihak sekolah


2. Kegiatan rutin Jumat pagi bersih sebagai wujud mencimtakan budaya positif terutama pada kebersihan lingkungan

3. Pembuatan keyakinan kelas sebagai kesepakatan bersama dalam menumbuhkan budaya positif di kelas


4. Hasil dari Pembuatan Keyakinan Kelas yang dengan menuliskan keyakinan kelas disajikan sebagai berikut :


4. Kolaborasi dengan sesama guru dalam membentuk budaya positif di sekolah





F.     AKSI NYATA 
Pelaksanaan Aksi nyata Modul 1.4 secara luring terkait dengan sosialisasi Budaya Positif di SMK Negeri 2 Bojonegoro dapat di buka dengan link tautan berikut : aksi nyata modul 1.4 SMK Negeri 2 Bojonegoro